Cara Menggunakan Mesin Jahit Listrik Bagi Pemula

Cara menggunakan mesin jahit listrik bagi pemula. Bila Anda ingin menjahit pakaian memakai mesin jahit listrik, pastinya kita wajib terbiasa memakai mesin jahit tersebut. Bukan sekedar mengoperasikannya saja, tetapi juga mengenali komponen-komponen mesin jahit yang sangat penting, agar kita bisa terjaga jika terdapat masalah kita tentu dapat mengatasinya. Nah, mengoperasikan mesin jahit listrik maupun mesin jahit manual sebenarnya sama saja. Sebelum Anda melakukan praktek menjahit, ada beberapa bahan dan peralatan yang wajib di siapkan terlebih dulu:

cara menggunakan mesin jahit singer,cara menggunakan mesin jahit tangan,mesin jahit tangan mini,mini portable,mini staples,brother,singer 8280,singer model 8280,
1. Siapkan Kajin, dengan ukuran dan motif yang Anda inginkan. Untuk belajar, tak perlu memakai kain baru, bisa juga dengan bahan yang bekas pakai. 

2. Siapkan gunting, sebaiknya 2 pasang, yaitu gunting besar sebanyak 1 pasang dan gunting kecil sebanyak 1 pasang. 

3. Anda bisa menyiapkan jarum mesin untuk nomor 11 maupun nomor 12, sebaiknya usahakan kain tidak terlalu tebal untuk menjahit. Anda bisa menyesuaikannya dengan jarum pada mesin yang dipakai. 

4. Siapkan benang dengan warna sesuai kebutuhan.
Bila sudah mempersiapkan semuanya Anda bisa memasang jarum pada benangnya. Ingat, isi pula benang sekci lalu pasang di bagian rumahnya secara tepat. Adapun cara untuk memasang jarum mesin adalah dengan berikut ini:

1. Pertama-tama ambil jarum terlebih dahulu yang sudah dipersiapkan untuk di pasang.
2. Lalu buka bagian pengunci jarum di mesin jahit.
3. Setelah itu, masukkan jarum di tangkai jarum mesin jahit.
4. Anda bisa memasukkan bagian pengunci jarum pada bagian bawah lalu pasang dan rapatkan bagian baut penguncinya. 

Adapun cara memasang benang mesin jahit sebenarnya agak berbeda untuk tiap jenis mesin jahit, tetapi pada umumnya sih sama saja hanya tergantung kreativitas yang Anda pakai dengan semaksimal mungkin. Umumnya instruksi pemasangan untuk benang jahit sendiri telah terdapat di buku manual yang tertera pada mesin jahit. 

Langkah berikutnya, kita langsung saja mempraktekkan untuk menjahit kain yang sudah disiapkan di bawah ini:

1. Langkah pertama, sediakan kain lalu potong berbentuk persegi panjang atau kotak. Usahakan untuk memotong kain dengan benar-benar rapi. 

2. Lalu siapkan gunting yang digunakan untuk memotong benang, letakkan di dekat posisi Anda menjahit.

3. Kemudian periksa semua kelengkapan mesin jahit, pastikan semua perlengkapan telah terpasang baik. Seperti jarum mesin, benang, sambungan listrik, dan sekoci. 

4. Lalu, letakkan kain untuk di jahit pada bagian bawah tangkai lalu turunkan bagian tangkai mesin sebagai penjepit kain di meja mesin. 

5. Setelah itu jalankan perlahan mesin jahit, sembari memegangi kain Anda. Lalu bentuk jahitan yang lurus lebih dulu. Anda bisa mengulangi langkah yang satu ini hingga kita dapat menjahit kain dengan lurus. 

6. Bila telah terbiasa, maka Anda pun dapat berlatih untuk menjahit berbelok, kurva, berbelok, lingkaran dan sebagainya. Anda bisa melakukan berbagai latihan sendiri berdasarkan keinginan sampai benar-benar terlatih.

Itulah ulasan mengenai cara menggunakan mesin jahit listrik untuk pemula. Semoga bermanfaat!